PENTING! Ini Informasi Terbaru PPPK 2021 Dari Ditjen GTK Kemendikbud

Menjawab kebutuhan kesejahteraan guru dan memberi kepastian terkait status guru honorer, maka Pemerintah pusat berencana untuk menggelar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2021 nanti.

Seperti dikutip FAJRINFO LIFE dari akun resmi Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud, menyebutkan tentang persiapan PPPK 2021, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Koordinasi Formasi sekaligus Sosialisasi Seleksi Guru PPPK 2021 bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan memperlancar proses rekrutmen Guru PPPK 2021 serta konsultasi pejabat Dinas Pendidikan Wilayah terkait formasi nantinya dan rencananya akan diselenggarakan di lima wilayah yaitu Makassar, Batam, Bali, Semarang dan Yogyakarta.

PENTING! Ini Informasi Terbaru PPPK 2021 Dari Ditjen GTK Kemendikbud

Dalam acara sosialisasi ini pihak GTK Kemendikbud menjelaskan bahwa terkait proses dan progres PPPK 2021 yang tengah dilakukan pihaknya. Persiapannya yaitu, pertama mengenai database kualifikasi guru dan kebutuhan guru di daerah akan ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020 ini.

Kedua, mengenai regulasi pendukung kualifikasi pendidikan rencananya akan rampung pada bulan Januari 2021 hingga pengumuman seleksi dan ujian selesai.

Baca juga: Skema Gaji PNS Diubah! Akibat Keuangan Negara Yang Semakin Menipis?

Terkait mekanisme seleksi PPPK tahun 2021, yang berhak mendaftarkan diri sebagai calon PPPK adalah guru honorer yang telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) baik mereka yang mengajar di sekolah negeri maupun di sekolah swasta, dan mereka yang memiliki sertifikat pendidik kemudian guru honorer K-2 yang pernah terdaftar di Dapodik atau database BKN.

Mengenai batasan umur dalam seleksi PPPK tahun 2021 nanti, yang diperbolehkan mendaftar menjadi calon PPPK adalah maksimal berusia 59 tahun per 1 April 2020.

Adapun untuk alur pendaftaran PPPK tahun 2021 para guru dapat mengakses langsung di laman resmi PPPK Kemendikbud https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ atau bisa juga melalui Dinas Pendidikan Wilayah.

Artikel Terkait

Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera dipublikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama