Trik Asyik Belajar Agar Fokus dan Efektif Meskipun Di Rumah

Di masa pandemi ini para pelajar baik itu anak sekolah maupun mahasiswa masih mengunakan metode belajar jarak-jauh atau juga disebut belajar online. Biasanya pelajar ini menggunakan via aplikasi tatap muka seperti zoom atau google class room sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh pihak sekolah atau kampus masing-masing.

Tentu saja banyak perbedaan antara belajar tatap muka langsung dengan belajar online. Jika belajar tatap muka siswa lebih cenderung memperhatikan dengan seksama apa-apa materi yang guru sampaikan, terlebih lagi jika siswa tersebut masih menginjak bangku sekolah dasar maka masih membutuhkan perhatian lebih.

Sebelum metode belajar jarak jauh ini diterapkan, rasanya mudah untuk fokus belajar di kelas atau berkumpul di suatu tempat bersama teman-teman. Namun saat ini kita sedang beradaptasi kembali dimana rumah adalah satu-satunya pilihan tempat yang aman untuk belajar.

cara seru belajar di rumah

Dengan keadaan seperti ini, tentunya kita perlu menyesuaikan aktivitas belajar kita baik dalam hal konsentrasi serta mungkin kejenuhan yang melanda.

Perlu kita ketahui, ternyata lebih dari 300 juta pelajar di dunia yang proses pembelajarannya terganggu selama masa pandemi Covid-19 ini berlangsung. Tak bisa dipungkiri, sekolah dan universitas adalah yang paling berdampak terkena imbas dari pandemi ini. Namun demikian, kita perlu bersyukur karena masih bisa tetap belajar walaupun di rumah.

Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini banyak sekali media pembelajaran yang dapat digunakan tenaga pendidik agar tetap berkomunikasi dengan para siswanya. Tenaga pendidik pun kini dituntut untuk lebih terampil menguasi teknologi dan menemukan cara agar para siswa tidak merasa bosan, salah satunya membuat video pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Rasa jenuh dan malas memang pasti ada untuk pelajar yang sudah lama merapkan metode belajar online ini.

Nah, lalu bagaimana cara agar kita bisa asyik belajar dan tetap fokus serta efektif meskipun di rumah? Markimak, mari kita simak trik-trik di bawah ini:

1. Bersihkan Tempat Belajar Lalu Menghiasnya

Jika kamu memiliki meja belajar atau tempat belajar yang biasa kamu gunakan, itu merupakan awal yang baik. Coba lalukan sedikit perubahan pada ruang tempat belajarmu dengan membersihkannya dan merapikannya. Mungkin ada celah-celah yang terlewat olehmu sehingga tidak sempat untuk dibersihkan.

Lakukanlah penataan barang-barang yang ada di sekitar tempat belajarmu dengan menempatkannya sesuai dengan fungsi atau jenisnya. Misal, kamu bisa menempatkan buku-buku pelajaran umum secara terpisah dengan buku bacaan yang kamu punya.

Kamu juga bisa menghias tempat belajarmu dengan meletakkan foto-foto orang yang kita sayang atau foto kenangan dengan teman untuk mengobati rasa rindumu. Tempelkanlah quotes yang membuatmu merasa semangat ketika membacanya.

Selain itu, kamu bisa menyingkirkan barang-barang yang tidak berhubungan dengan kegiatan belajarmu.

Jika kamu tidak memiliki meja belajar pribadi di ruang tidur atau mungkin kamu memiliki meja belajar namun digunakan secara bergantian dengan anggota keluarga lainnya di rumah, maka pilihlah tempat yang dapat digunakan untuk belajar. Pastikan tempat tersebut bersih, rapi, dan terhindar dari distraksi atau gangguan selama kamu belajar.

Selain itu, pastikan untuk merapikan alat-alat belajar kamu ketika sudah selesai sehingga tempat tersebut bisa digunakan kembali oleh anggota keluargamu seperti semula.

Kamu bisa menggunakan media yang portabel seperti tas atau boks kecil untuk membantu kamu meletakan alat-alat belajar sehingga kamu dapat menjaga semuanya di satu tempat agar tidak bercecer kemana-mana. Hal ini memudahkanmu untuk berpindah tempat ketika diharuskan.

2. Santai Namun Fokus

Meskipun di rumah, bukan berarti kamu seenaknya mengatur waktu jam belajar. Kamu bisa tetap santai namun tetap fokus dengan jam belajarmu. Cobalah alokasikan waktu dengan baik dan buatlah jadwal agar waktumu belajar menjadi lebih efektif. Dengan fokus, itu akan membantumu belajar dengan giat dan dapat menyiapkan hal-hal selain dari hal yang sudah direncanakan.

Jika kamu merasa sulit untuk berfokus, maka istirahatlah sejenak dengan mengatur pernapasan atau menikmati sedikit hiburan.

3. Berikan Reward Untuk Dirimu

Fokus selama belajar di masa pandemi dan hanya dari rumah pastinya memiliki kesulitan tertentu. Maka dari itu ketika kamu telah berhasil mengatur waktu untuk belajar atau berhasil mengarjakan tugas dengan baik, maka berilah diri kamu sebuah reward atau penghargaan.

Reward tersebut dapat berupa durasi tambahan untuk menonton film favorit, menimati cemilan, atau apapun yang dapat kamu nikmati untuk sekadar membuatmu senang.

Hal ini akan efektif meningkatkan kebiasaan belajar yang baik dan tentu saja hal tersebut merupakan perlakuan yang pantas kamu dapatkan karena telah berjuang.

Itulah Tips dan Trik agar dapat asyik melaksanakan belajar agar lebih fokus dan efektif di rumah yang dapat kami berikan, selamat mencoba! Semoga bermanfaat.
Putra Widodo

Hidup itu bukan tentang menjadi pemenang atau pecundang, namun tentang bagaimana menjadi dirimu sendiri dan berikan yang terbaik kepada siapapun.

Posting Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera dipublikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama